Jaga Kenyamanan Ibadah Di Gereja Lewat Patroli Gabungan TNI Dan Polri




SINGKILTERKINI.COM-Kediri. Kodim Kediri bersama Polresta Kediri mengadakan patroli gabungan dalam rangka Hari Kenaikan Isa Al Masih. Patroli gabungan tersebut berangkat dari Mapolresta Kediri menuju Gereja-Gereja yang ada di Kota Kediri. kamis (30/5/2019)

Kapolresta Kediri AKBP Anton Haryadi bersama Pasi Ops Kodim Kediri Kapten Czi Roberto Hutabarat, Danramil Kota Kapten Inf Suliyono, Danramil Mojoroto Kapten Czi Muklasin, dan Kabag Ops Polresta Kediri Kompol Sunardi, melihat langsung jalannya pengamanan di 4 Gereja.

Gereja-Gereja tersebut, yakni Gereja St.Vincentius, Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), GBI Getsemani, dan Gereja St.Yoseph. Keempat Gereja ini dikunjungi satu persatu, sekaligus berinteraksi dengan pimpinan Gereja atau pendeta maupun jemaat yang akan melaksanakan ibadah.

“Pengamanan ini kita lakukan dalam rangka Hari Kenaikan Isa Al Masih. Ini kita lakukan disemua Gereja-Gereja yang ada di wilayah hukum Polresta Kediri. Saat ini, ada 4 Gereja yang kita kunjungi,” kata AKBP Anton Haryadi.

Lanjutnya,”Patroli gabungan TNI dan Polri ini kita lakukan untuk menjaga kenyamanan, keamanan umat Kristiani yang saat ini menjalankan ibadah Hari Kenaikan Isa Al Masih. Setiap Gereja kita perketat pengamanannya.”

Terkait ibadah yang bakal berlangsung di Gereja St.Maria Lourdies, Puhsarang, Semen, Kapolresta Kediri sudah menyiapkan personil dengan jumlah yang lebih besar. Hal ini erat hubungannya dengan besarnya jemaat yang secara rutin dari tahun ke tahun memadati tempat ibadah tersebut yang berlokasi di lereng Gunung Wilis.

“Untuk yang di Puhsarang, jumlahnya tidak sama dengan yang disini, lebih besar. Ini karena arealnya lebih besar, jemaatnya juga lebih besar. Jamnya berbeda dari yang disini. Kita sudah siapkan personil untuk mengamankan ibadah di Gereja itu,”pungkasnya.

Saat mengunjungi GBI Getsemani, Pendeta Timotius Kabul, yang juga salah satu pengurus FKUB Kota Kediri, mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kapolresta Kediri bersama Kodim Kediri di Gereja yang terletak berdekatan dengan RS Bhayangkara.

“Untuk jemaat sore ini, kita melakukan ibadah seperti biasa. Tadi pagi juga sudah kita lakukan, dan yang sore ini juga ada. Kalau kursinya penuh semua bisa mencapai 780 jemaat, tapi biasanya kalau sore, jemaatnya sekitar 500an. Beda kalau pagi, lebih banyak dari yang sore,” jelas Pendeta Timotius Kabul.

Menurut keterangan Kapten Czi Roberto Hutabarat berdasarkan laporan para Babinsa, keempat Gereja, yaitu Gereja St.Vincentius, Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), GBI Getsemani, dan Gereja St.Yoseph, jumlah jemaat yang beribadah lebih besar pada jam pagi hari ketimbang sore hari. Bahkan ada 2 Gereja yang menyediakan kursi tambahan yang diletakkan dipelataran, lantaran jumlah jemaatnya membludak alias melebihi kapasitas tempat duduk. (dodik) 


Baca Juga

Jawa Timur|Kediri|TNI|
View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


Singkil Terkini - NETWORK

Support by: PPWI

Ikuti Berita Terbaru