Ini Alasan BATIK Gelar Pelatihan Psikologi Kepribadian Kepada Masyarakat

SINGKILTERKINI.COM,BANDUNG --- Hampir semua institusi atau perusahaan melakukan rekruitmen calon pegawainya melalui mekanisme psikotes sebagai instrumen untuk mengetahui kecerdasan, kepribadian dan sikap kerja calon pegawainya. 

Begitupun orang yang mau melanjutkan pendidikan lanjutan ke jenjang yang lebih tinggi mensyaratkan psikotes. Tapi banyak yang tidak tahu dan gugur saat mengikuti tahapan seleksi psikotes.

Dihubungi via sambungan telpon, Pembina Barisan Anti Narkotika (BATIK) Dede Farhan Aulawi mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya Pelatihan Psikologi Kepribadian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait psikotes sebagai instrumen untuk mengetahui kepribadian seseorang. 

"Dengan demikian diharapkan masyarakat dapat mengetahui tentang gambaran dan ruang lingkup psikotes," ujar Dede kepada Singkilterkini.com, Sabtu (18/5/2019).

Adapun ruang lingkup materi pembahasannya meliputi Pengertian Psikologi Kepribadian, Karakter Sebuah Pekerjaan, instrumen Psikotes, Maksud dan Tujuan Psikotest, Mengukur Kecerdasan, Kepribadian dan Sikap, Tes Logika Aritmetika, Tes Logika Penalaran, Anaog Verbal Test, Krauplin/ Pauli Test, Wartegg Test, Draw a Man Test, Army Alpha Intelligence Test,  Menggambar Pohon, dan lain - lain. 

"Seperti biasa, berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh BATIK ini selalu diakhiri dengan Ujian Teori Psikologi Kepribadian untuk menentukan standar kelulusan," tambahnya.

Dede juga menjelaskan bahwa dalam pelatihan itu dimulai dengan ujian psikotest. "Ujian ini dimaksudkan untuk mengetahui siapa yang bisa atau diperbolehkan untuk mengikuti pelatihan Intelijen yang rencananya akan diselenggarakan setelah lebaran nanti," ungkapnya.

Pelatihan Psikologi Kepribadian itu digelar pada Sabtu (18 /5) bertempat di Rumah Para Pecinta Ilmu (RUMPPI)  Jl.Mega Asri I no 8, Dakota , Bandung. 

"Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata bagaimana BATIK tidak kenal lelah dalam pengabdian untuk mencetak dan meningkatkan kualitas SDM di Jabar khususnya," egas Dede Farhan mengakhiri percakapan. (Jml/Red).

Baca Juga

Bandung|Batik|Headline|Pendidikan|
View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


Singkil Terkini - NETWORK

Support by: PPWI

Ikuti Berita Terbaru