Zona Hijau Di Areal Pasukan Hijau




SINGKILTERKINI.COM-Kediri. Pemandangan serba hijau sangat kontras di Makoramil 04 Gampengrejo, dan kontrasnya warna hijau, tidak lain begitu banyak tanaman yang tumbuh berkembang. Lokasinya tidak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Kediri, jaraknya hanya sekitar 5 menit perjalanan atau sekitar 3 kilometer. senin (18/3/2019)

Berbagai tanaman berkhasiat, seperti jahe, lengkuas, kencur, kunyit dan temulawak, ada disini. Selain itu ada berbagai sayuran, seperti selada, kenikir, kangkung, terong, kemangi, sawi dan seledri. Ada juga buah-buahan, seperti mangga, pepaya, jeruk, pisang dan rambutan.

Pemandangan di Makoramil 04 Gampengrejo ini, tak ubahnya zona hijau yang nyaman dan asri, lantaran berbagai jenis tanaman mengitarinya. Selain menjadikan pemandangan serba hijau, tanaman yang ada disekitar Makoramil membuat kesejukan tersendiri bagi siapa saja.

Dijelaskan Danramil Gampengrejo, Kapten Inf Masduki, banyaknya tanaman di Makoramil ini, tidak lepas dari inisiatif dan inovatif seluruh anggota Koramil Gampengrejo. Menurutnya, inisiatif dan inovatif tersebut berkaitan dengan latarbelakang anggotanya, yang notabene sebagian besar berasal dari keluarga petani.

Mayoritas, tanaman yang tersebar di Makoramil ini tidak beli alias berasal dari tanaman yang ada di rumah-rumah atau pekarangan anggota Koramil Gampengrejo. Lantaran ada niat dan itikad menghijaukan Makoramil, satu persatu mereka menanam berbagai jenis tanaman.

Dikatakan Kapten Inf Masduki, banyak warga sekitar yang mampir hanya sekedar mengambil berbagai tanaman berkhasiat, sayuran dan buah-buahan. Secara tidak langsung, komunikasi sosial terbentuk dari kedatangan warga sekitar. Terlebih lagi, berbagai tanaman tersebut berstatus “Free”, dan siapa saja diperbolehkan tanpa terkecuali.

Dari penjelasan Bati Tuud Koramil Gampengrejo, Pelda Santoso, keberadaan berbagai jenis tanaman di Makoramil ini, tidak secara instant, namun bertahap. Dari satu dua orang, kemudian mulai banyak yang ikut-ikutan menanam berbagai tanaman di Makoramil. Ujung-ujungnya, berbagai jenis ada di Makoramil, lantaran yang menanam juga berbeda-beda.

Untuk memperlengkap berbagai jenis tanaman yang sudah ditanam, diakui Pelda Santoso memang ada yang berstatus membeli, namun jumlahnya cuma sedikit, lebih banyak yang tidak membeli alias swadaya seluruh anggota Koramil Gampengrejo. Ini tidak lepas dari perhatian dan keinginan menjadikan Makoramil yang nyaman dan asri. (dodik)

Baca Juga

Jawa Timur|Kediri|TNI|
View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


Singkil Terkini - NETWORK

Support by: PPWI

Ikuti Berita Terbaru