Satgas TMMD dan Disnakerin Cilacap Gelar Pelatihan

KODIM CILACAP author photo

SINGKILTERKINI.COM, CILACAP – Kodim 0703/Cilacap bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Cilacap menggelar pelatihan industri kecil dan menegah (IKM) kepada warga Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kamis (14/03/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Desa Dayeuhluhur ini merupakan salah satu kegiatan dalam TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2019, yang dilaksanakan di desa tersebut. Ada dua pemateri yang memberikan tutorial kepada warga, yakni Karsono dan Puji Haryanti, staff Disnakerin Cilacap.

Karsono menjelaskan, industri kecil memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi. Khususnya penyerapan tenaga kerja dan perluasan kesempatan usaha. Selain itu peluang usaha ini tersebar di seluruh wilayah sesuai dengan ciri khas dan potensi unggulan masing-masing.

Berbagai kendala yang umum ditemui dalam bidang UKM juga dikupas beserta pemecahaannya. Antara lain harga jual produk untuk memperoleh laba yang wajar, serta saluran distribusi yang belum mampu menyalurkan produk dalam skala besar.

Di sisi lain, perlu adanya pembinaan secara simultan kepada pelaku industri kecil dan menengah sesuai bidang usaha yang dikembangkan. Melalui pelatihan ini diharpakan warga khususnya pelaku industri kecil memiliki pengetahuan dan keterampilan, serta kecakapan dalam manajemen.

(Sutaryo)
Komentar Anda

Berita Terkini