Panwaslih Aceh Singkil Gelar Sosialisasi, Ini Tujuannya


SINGKILTERKINI.COM, ACEH SINGKIL - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Singkil mengadakan sosialisasi pengawasan Partisipatif kepada pemilih pemula dalam dalam rangka pemilihan calon anggota DPD, DPR dan DPRD serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. Sosialisasi ini di gelar Aula Hotel Alivia, Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Rabu (20/3/2019). 

Kordinator Divisi Pencegahan Dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslih Kabupaten Aceh Singkil, Azwar Ramnur, MA mengatakan sosialisasi pengawasan patisipatif bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih terutama di kalangan pemilih pemula dalam mengawasi setiap tahapan pemilihan legislatif yang digelar secara serentak dengan pemilihan presiden dan wakil presiden pada 17 April 2019 di seluruh indonesia.

"Kami membutuhkan bantuan semua pihak tertama partisipasi pemilih pemula dalam mengawasi setiap tahapan pemilu 2019," kata Azwar dalam kata sambutanya pada saat membuka acara sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu 2019.

Apalagi kata Azwar, komisioner Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar lembaga itu, jumlah komisioner Panwaslih Aceh Singkil, Panwaslih Kecamatan, dan Panwaslih Kelurahan/Desa sangat terbatas. 


“Untuk itu Pemilih pemula termasuk salah satu elemen penting dalam pengawasan kepemiluan. Makanya kami sangat berharap partisipasi semua pihak, termasuk kepada pemilih pemula," sebut Azwar yang juga membidangi Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslih Aceh Singkil. 

Disamping itu lanjut Azwar, sosialisasi ini juga sebagai tindakan pencegahan dari terjadinya pelanggaran-pelanggaran Pemilu di Kabupaten Aceh Singkil, sehingga Pemilu dapat dilaksanakan secara aman tertib, lancar dan damai. 

Untuk itu Panwaslih Aceh Singkil berharap kepada para peserta sosialisasi khususnya dan masyarakat Aceh Singkil umumnya untuk ikut serta mengawasi penyelenggaraan Pemilu, misalnya pada tahap pegawasan Kampanye, Netralitas Penyelenggara Pemilu, PNS, Anggota TNI dan POLRI, Pengurus BUMN, BUMD dan BUMDes, Kepala Desa dan perangkatnnya, termasuk pengawasan pada saat masa tenang dan praktik money politik.

“Jadi ketika ada informasi yang ingin disampaikan kepada Panwaslih, pada prinsipnya kami selalu terbuka. Bahkan kalau ada yang ingin dilaporkan, kami juga siap untuk menindak lanjuti laporan sesuai regulasi,” tambah Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslih Aceh Singkil, Deva Susanti.

Sosialisasi pengawasan patisipatif dibuka oleh Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Singkil, Salman,ST, dan diikuti 45 peserta terdiri dari Pelajar SMK Muhammadiyah Singkil dan Pelajar MAN Singkil serta dari STIP Yashafa Aceh Sigkil. Dalam kegiatan ini juga dihadiri Komisioner Panwaslih Aceh Singkil Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslih Aceh Singkil, Deva Susanti.SP sebagai pemateri. [Jamaluddin]

Baca Juga

Aceh|Aceh Singkil|Headline|Politik|
View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


Singkil Terkini - NETWORK

Support by: PPWI

Ikuti Berita Terbaru