Babinsa Sobo Kantor Desa, Gandeng Perangkat Desa

REDAKSI author photo



SINGKILTERKINI.COM-Kediri. Silaturahmi yang dilakukan Babinsa Kemiri, Sertu Agus, secara rutin menyambangi kantor Desa Kemiri, sekaligus berperan aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan perangkat desa, BPD, Ketua RW, Ketua RT maupun masyarakat. selasa (19/3/2019)

Desa Kemiri masuk wilayah Kecamatan Kandangan, dan dari data yang ada ditangan Sertu Agus, tercatat jumlah penduduknya mencapai 1.955 jiwa. Jumlah ini relatif sedikit bila dibandingkan luas wilayah Desa Kemiri.

Silaturahmi dengan perangkat desa secara langsung lebih efektif, ketimbang hanya saling menyapa lewat whatsapp atau SMS ataupun telepon. Setidaknya, permasalahan yang ada di desa tersebut, diketahui lewat perangkat desa setempat, lebih detail dan lebih akurat.

Agenda-agenda pemerintah desa, tidak lepas dari hadirnya Babinsa dan Babinkamtibmas, termasuk yang ada di Desa Kemiri ini. Umumnya, agenda tersebut lebih condong koneksi antara pemerintah desa dengan masyarakat, entah itu pembangunan, kerja bakti, peringatan hari nasional, kegiatan keagamaan hingga program pemerintah daerah maupun pusat yang turun ke desa.

Dijelaskan Dwi Febri Irawan selaku Kasi Pemerintahan Desa Kemiri, secara administratif lingkungan, Desa Kemiri tercatat ada 6 RW dan 15 RT. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Terkait hubungan pihak pemerintah desa dengan Babinsa maupun Babinkamtibmas hingga saat ini terjalin dengan baik.

Hubungan tersebut relatif instant dalam hal informasi, hal ini dikarenakan dukungan teknologi komunikasi berbasis android yang sudah merambah pedesaan. Walaupun, dalam hal komunikasi sering “lost” kontak, lantaran lemahnya jaringan seluler ditempat-tempat tertentu.

Bagi Sertu Agus, menyambangi kantor desa sudah menjadi aktifitas rutinnya, terlebih lagi desa ini lokasinya sangat dekat dengan keberadaan rumah tinggalnya. Disamping itu, jarak Desa Kemiri dengan Makoramil 15 Kandangan tidaklah jauh, cukup ditempuh perjalanan 10 menit sudah sampai ditempat tujuan.

Selain menyambangi kantor desa, ngobrol membahas seputar aktifitas masyarakat maupun agenda kedepannya, selalu dilakukan. Tidak ketinggalan, berbagai pertemuan rutin atau non rutin Desa Kemiri, mau tidak mau harus dihadirinya, sekaligus mengetahui lebih jauh apa isi dari pertemuan tersebut. (dodik)


Komentar Anda

Berita Terkini