Hijaukan Lahan Kosong Sekolah, TNI Ajak Pelajar SMP Negeri 2 Longkib Tanam Buah Buahan

SINGKILTERKINI.COM, SUBULUSSALAM - Bati Tuud Koramil 03/Longkib, Kodim 0118/Subulussalam, Pelda Agus Susanto bersama pelajar SMP Negeri 2 Sikerabang, melakukan penanaman bibit pohon buah buahan di lahan kosong pekarangan sekolah, desa Sikerabang Kecamatan Longkib, Kota Subulussalam Rabu, (16/01).

Kegiatan penanaman bibit pohon merupakan program kerjasama Koramil 03/Longkib Kodim 0118/Subulussalam dengan pihak Sekolah SMPN 2 Sikerabang Kecamatan Longkib.

"Kami mengajak para siswa siswi SMPN 2 Sikerabang guna menambah ilmu tentang manfaat dari pohon buah buahan dalam menjaga kestabilan udara dan bisa mencegah bencana longsor serta panen buah tersebut dapat dimanfaatkan kepada seluruh Murid dan Guru sekolah," kata Plh. Danramil 03/Longkib Letda Inf Halomoan Turnip saat melakukan koordinasi dengan Kepala sekolah SMPN 2 Sikerabang.

Sementara itu, Bati Tuud Koramil 03/Longkib Pelda Agus Susanto, menambahkan kegiatan penanaman pohon sedang gencar dilakukan, hal itu sebagai bentuk kampanye pemanasan global (global warming) serta dampak dari pemanasan global tersebut.

Terlebih lagi, sekarang sedang marak aksi penebangan liar, baik yang berizin maupun yang illegal, yang tanpa kita sadari akan semakin mengancam kelestarian alam dan lingkungan. 

"Awalnya untuk lebih menarik minat para siswa-siswi, kita sengaja menanam beberapa jenis pohon buah, diantaranya pisang barangan, jambu madu, jambu boll dan pohon mangga. Selain dapat menjaga kelestarian lingkungan, saat besar nanti hasil dari pohon buah ini dapat dirasakan langsung oleh generasi berikutnya," ujar Pelda Agus.

Kepala Sekolah SMPN 2 Sikerabang, Bapak Heri Sukanda S.Pd yang ikut mendampingi para siswa siswinya mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini banyak manfaatnya bagi pelajar karena bisa menanamkan sejak dini tentang pengetahuan dari manfaat pohon untuk kehidupan manusia.

Pengajaran tentang pelestarian lingkungan memang perlu dilakukan semenjak dini. Mulai maraknya aksi penebangan hutan secara ilegal perlu diantisipasi dengan menanamkan jiwa untuk menjaga dan merawat lingkungan dan alam. 

Para anak pelajar ini, kata dia, sangat antusias dan senang serta semangat dalam melakukan penanaman pohon Buah buahan bersama anggota TNI.

" Pada saat penanaman pohon dilaksanakan  perbincangan tentang  pengetahuan tentang bela negara dan wawasan kebangsaan," Ungkap Batituud Koramil 03/Longkib. (Rel)

Baca Juga

Aceh|Pendidikan|Subulussalam|TNI|
View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


Singkil Terkini - NETWORK

Support by: PPWI

Ikuti Berita Terbaru