Ketua Bawaslu RI Lantik 1.914 Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota

REDAKSI author photo

JAKARTA - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Abhan melantik 1.914 anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia masa jabatan 2018-2023, di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Rabu, 15 Agustus 2018.

Hadir pada acara pelantikan itu, Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua KPU RI Arief Budiman, serta perwakilan sejumlah lembaga negara.

"Kekuatan pengawas semakin besar. Di kabupaten/kota terdapat 1.914 jajaran anggota yang siap mendedikasikan diri untuk Pemilu yang lebih baik," kata Abhan, di Hotel Bidakara, Rabu (15/8/2018).

Dijelaskan Abhan, tidak hanya kuantitas yang menjadi prioritas Bawaslu melainkan kualitas jajaran pengawas dalam melakukan pengawasan, mencegah dan menindaklanjuti pelanggaran, serta menyelesaikan sengketa proses Pemilu.

Oleh karena itu, lanjut Abhan, seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang dilaksanakan sejak Juni hingga Agustus 2018 sangat objektif dan transparan.

"Persaingan peserta sangat ketat karena memang Bawaslu mencari orang-orang yang memiliki kemampuan dan kemauan yang tinggi dalam Pemilu," sebut Abhan.

Dikesempatan itu, Ketua Bawaslu RI juga meminta kepada masyarakat untuk ikut memastikan anggota Bawaslu bekerja sesuai ketentuan perundang-undangan.

Apabila melakukan pelanggaran, pihaknya akan melaporkan kepada Dewan Kehormatan Pengawas Pemilu (DKPP). "Jika tidak maka Bawaslu akan melakukan upaya penindakan," tegas Angan.

Acara pelantikan 1.914 anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia masa jabatan 2018-2023 itu juga memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pelantikan Pejabat Publik Terbanyak. Dan untuk Penyerahan Rekor MURI akan dilaksanakan pada acara Bawaslu Award Rabu 15 Agustus 2018 malam.

Dipenghujung penyampaiannya, Abhan mengatakan, keberhasilan Bawaslu dalam memecahkan Rekor MURI ini dijadikan sebagai semangat Bawaslu dalam mengawal pelaksanaan Pemilu di Indonesia. (Jml/Red)
Komentar Anda

Berita Terkini