Evaluasi Warga Peduli Aids Bersama Muspika Ngancar

REDAKSI author photo


SUNGKILTERKINI.COM-KEDIRI. UPTD Puskesmas Ngancar bekerjasama dengan Kecamatan Ngancar, Koramil 20/Ngancar dan Polsek Ngancar mengadakan evaluasi WPA (Warga Peduli Aids) yang berlangsung di balai Desa Ngancar, rabu (15/08/2018)

Dalam acara evaluasi WPA ini, dihadiri Camat Ngancar Suharsono, Danramil Ngancar Kapten Inf Martono dan Wakapolsek Ngancar Ipda Gatot serta Kepala UPTD Puskesmas Ngancar dr.Heri Cahyono. Disamping itu, acara ini juga diikuti Kepala Desa Ngancar Karmuji serta peserta WPA dari Desa Ngancar dan Babadan.

Dalam penjelasannya, dr.Heri Cahyono mengatakan bahwa partisipasi masyarakat secara umum dapat berdampak secara luas dalam upaya penanggulangan HIV-AIDS, khususnya dalam menekan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS), dan OHIDA (Orang yang hidup berdampingan dengan ODHA).

 Ia menambahkan, melalui kegiatan ini, diharapkan WPA dapat memahami tujuan mereka dibentuk disetiap Kecamatan hingga Desa, serta memahami cara menyusun program kerja dan bagaimana cara mengevaluasinya, yang nantinya disusun dalam rekomendasi kegiatan selanjutnya.

“Indikator dan sasaran dalam penyusunan program kerja yang telah dibuat oleh masing-masing WPA terkait penanggulangan dan pencegahan HIV AIDS meliputi program kerja, sasaran, waktu pelaksanaan, anggaran dan penanggung jawab program kerja. Sehingga nantinya akan bisa diukur kinerja WPA pada setiap semester,” jelasnya.

Menurutnya, masyarakat yang tergabung dalam kelompok WPA dapat menyebarkan informasi dan edukasi sehingga dapat menekan stigma diskriminasi. Kedepannya juga mampu mengidentifikasi wilayah dari pola perilaku beresiko, serta dapat bekerjasama dengan pihak Puskesmas demi mendukung kerja LKB atau Layanan Komprehensif Berkesinambungan.


Selain itu, para peserta di ajak berdialog tentang bagaimana menangani kasus yang benar jika mengetahui ada ODHA di daerahnya, agar tidak terjadi stigma dan diskriminasi. (dodik)
Komentar Anda

Berita Terkini