Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 04/ Simpang Kanan Patroli Bersama Masyarakat

REDAKSI author photo

ACEH SINGKIL -- Salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah dalam mencegah terjadinya kabut asap dan mendukung pelaksanaan Asian Games ke 18 di Jakarta dan Palembang.

Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan Kodim 0109/Singkil, Sertu Ranto bersama rekan-rekan babinsa lainnya dan masyarakat melaksanakan patroli kebakaran hutan dan lahan secara bersama di wilayah Kecamatan Simpang Kanan dan sekitarnya dan dipimpin langsung oleh Danramil Kapten Inf Irwansyah. Sabtu, (18/08/2018).

Patroli kebakaran hutan dan lahan adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Sertu Ranto guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang ada di wilayah jajaran Koramil 04/Simpang Kanan.

"Meskipun saat ini cuaca di wilayah Simpang Kanan dan sekitarnya masih sering turun hujan, namun tidak ada salahnya kita melaksanakan pencegahan dan sosialisasi dengan melaksanakan patroli kebakaran hutan dan lahan, hal ini kita lakukan untuk membiasakan diri kita dan mencegah hal – hal yang tidak kita inginkan apalagi pada bulan ini telah diadakan event Olahraga Asean Games ke 18 yang acaranya telah dibuka dan dimulai pada hari ini di wilayah Jakarta dan Palembang," ungkap Danramil.

Kegiatan ini sesuai dengan arahan dan petunjuk dari pimpinan atas dalam rangka mendukung Asean Games ke 18 agar pelaksanaannya tidak terganggu dengan adanya polusi asap yang diakibatkan dari kebakaran hutan dan lahan.

Seluruh Babinsa yang mana diwilayah binaannya terdapat hutan dan lahan turut bertanggung jawab dan selalu memantau wilayah desa binaannya masing – masing serta mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan yang mereka miliki karena akan berdampak yg sangat merugikan bagi diri kita sendiri bahkan sampai kenegara tetanggapun ikut terkena imbasnya.

Menindak lanjuti petunjuk dan arahan dari pimpinan atas tersebut,
Sertu Ranto selaku Babinsa tidak henti – hentinya menghimbau masyarakat agar tidak membakar lahan – lahan dalam membuka perkebunan juga mengajak masyarakat untuk bersama – sama melakukan patroli secara rutin agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Selain itu babinsa juga menekankan kepada masyarakat , apabila melihat ada oknum yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan akan diproses secara hukum.

"Tentunya kita semua berharap dengan adanya kegiatan patroli kebakaran hutan dan lahan secara rutin tidak akan terjadi lagi kebakaran hutan yang sangat merugikan tersebut khususnya diwilayah Kecamatan Simpang Kanan dan sekitarnya," tutup Sertu Ranto.(rel)
Komentar Anda

Berita Terkini